Kecamatan Sukodono Gelar Bimbingan Teknis SISKEUDES bagi Operator Desa dan Bendahara Desa Tahun 2017

Kecamatan Sukodono Gelar Bimbingan Teknis SISKEUDES bagi Operator Desa dan Bendahara Desa Tahun 2017

By Admin - Kamis, 12 Oktober 2017 / 21:30:26 In News

Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa berbasis aplikasi SISKEUDES bagi Operator Desa dan Bendahara Desa Tahun 2017

 

SUKODONO, sukodono.sidoarjokab.go.id – Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Sukodono yang bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Sukodono kali ini mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa berbasis aplikasi SISKEUDES Tahun 2017 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kecamatan Sukodono, Rabu (11/10/2017). Kegiatan ini dilaksanakan selama tuga hari, mulai Rabu, 11/10/2017 sampai dengan Jum’at 13/10/2017.

Seperti yang telah kita ketahui, aplikasi SISKEUDES telah mengakomodir seluruh regulasi terkait dengan keuangan desa, dirancang secara terintegrasi, user friendly, dan desktop application serta memiliki sistem pengendalian intern yang melekat dan efektif dalam menghasilkan informasi keuangan sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengelola keuangan di desa dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Kegiatan yang diikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) peserta yang terdiri dari Operator Desa dan Bendahara Desa se-Kecamatan Sukodono tersebut dibuka oleh Camat Sukodono (Ainur Rahman, AP.M.Si.). Para pendamping desa yang berjumlah enam (enam) orang juga turut mengikuti dalam kegiatan tersebut. Bimbingan teknis kali ini langsung mendatangkan 2 (dua) orang Narasumber dari BPKP Provinsi Jawa Timur. Beberapa Kepala Desa serta staf Pemerintahan Kecamatan Sukodono juga mengikuti kegiatan tersebut, sehingga kegiatan kali ini diikuti oleh lebih dari 50 (lima puluh) orang peserta.

Menurut Camat Sukodono, maksud dan tujuan dari pelaksanaan bimbingan teknis pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sistem keuangan desa kepada para peserta sesuai tugas dan fungsi Pemerintahan Desa, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat memahami peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam sistem pengelolaan keuangan yang ada di desa serta untuk mewujudkan tertib administrasi dan tata kelola pelaporan keuangan yang baik di masing-masing desa yang ada di Wilayah Kecamatan Sukodono.

Dalam sambutannya, Camat Sukodono berharap dengan pelaksanaan Bimtek tersebut nantinya para Kepala Desa, perangkat desa serta Operator SISKEUDES desa dapat mengelola dan mempertanggungjawabkan dana keuangan desa yang diterimanya secara efektif dan efeien dengan mengedepankan transparansi serta partisipasi masyarakat, baik dana yang bersumber dari DD maupun ADD serta dana bagi hasil pajak (BHP) dan retribusi daerah.

Dia juga mengingatkan para Kepala Desa agar memperhatikan tiga aspek penting dalam pelaksanaan penggunaan anggaran di Desa diantaranya, Perencanaan yang baik dan benar, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan, serta dapat mempertanggungjawabkan secara fisik dan keuangan melalui Aplikasi sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) tersebut. (5K4/217)

TERBARU
View All News
© 2018 Sukodono,