Kecamatan Sukodono Menerima Tamu Kunjungan Studi Banding dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Sumatra Barat, bertempat di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Sukodono, Selasa (12/12/17).

Kecamatan Sukodono Menerima Tamu Kunjungan Studi Banding dari Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Sumatra Barat, bertempat di Ruang Rapat Kantor Kecamatan Sukodono, Selasa (12/12/17).

By Admin - Rabu, 31 Januari 2018 / 11:45:25 In News

sukodono.sidoarjokab.go.id - Camat Sukodono (M. Ainur Rahman, AP.M.Si.) saat menerima Studi Banding dari Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau Sumatra Barat, di ruang Rapat Kantor Kecamatan Sukodono, Selasa (12/12/17). Peserta rombongan Studi Banding dari Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau Sumatra Barat ini berjumlah 20 orang, teridiri dari 1 orang Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Bengkalis sebagai pimpinan rombongan, Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Bengkalis (Andre Susono), Camat Bukit Batu Kabupaten Bengkalis (Reza),  Camat Mandau Kabupaten Bengkalis (Basuki), Camat Rupak Kabupaten Bengkalis (Hanafi), beserta 15 orang jajaran Pejabat  lain yang ada di Kabupaten Bengkalis. Studi banding ini dilakukan untuk berbagi dan mengkaji regulasi tentang pelayanan publik yang telah dilakukan oleh Kecamatan Sukodono. (5K4)

Ibu Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis mengaku senang atas kedatangannya di Kecamatan Sukodono karena bisa menimba ilmu untuk dibawa dan diterapkan ke daerahnya. Pada kesempatan itu, Ibu Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis juga menyampaikan profil singkat Kabupaten Bengkalis.

Kabupaten Bengkalis memiliki 11 Kecamatan yang mana ada beberapa Kecamatan yang dipisahkan oleh selat karena berada di pulau yang berbeda, dari beberapa Kecamatan yang berada di pulau berbeda tadi berbatasan langsung dengan Negeri Jiran Malaysia, dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan Speedboat sekitar 1 jam perjalanan.

Sementara itu, setelah Sambutan dari Ibu Asisten Kabupaten Bengkalis, giliran Camat Sukodono menyampaikan sambutan dan paparannya mengenai profil Kecamatan Sukodono dan beberapa Inovasi yang telah dilakukan oleh Kecamatan Sukodono sampai mendapat apresiaasi di tingkat Provinsi dan tingkat Pusat, jelasnya.

 

Salah satu yang disampaikan oleh Camat Sukodono adalah tentang Inovasi “Aplikasi Berkas Mlaku deWe (BMW)”. Aplikasi ini adalah suatu program pelayanan masyarakat yang berbasis web, dan sudah terkoneksi dengan 19 Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Sukodono melalui jaringan Intranet dan Internet. Keunggulan dari aplikasi ini adalah, warga / masyarakat tidak perlu mondar-mandir dalam mengurus surat-surat yang dibutuhkan, mereka hanya cukup menaruh berkas layanannya di desa dan bisa ditunggu sampai proses terakhir hasil layanannya bisa dicetak dan diambil di desa yang bersangkutan. Hal ini bisa terjadi karena dalam aplikasi BMW ini telah menerapkan tanda tangan dan stempel elektornik yang sudah mendapat payung hukum melalui Perbup Sidoarjo Nomor 52 Tahun 2016.


Camat Sukodono Menerima Cinderamata dari Ibu Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis

Pada akhir penjelasan yang disampaikan oleh Camat Sukodono, langsung dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab. Setelah acara tanya jawab berakhir, para rombongan dari Kabupaten Bengkalis langsung meninjau ruang pelayanan Kecamatan Sukodono untuk melihat langsung proses pelayanan dengan aplikasi BMW.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Bengkalis pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Sukodono yang mana telah sudi untuk berbagi ilmu dan informasi guna untuk diterapkan di daerah asalnya.

”Mudah-mudahan Pak Camat Sukodono suatu saat bisa berkunjung ke Kabupaten Bengkalis untuk berbagi ilmu secara langsung di sana. Insya Allah kami akan menerimanya dengan senang hati,” ucap Ibu Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis saat berpamitan. (5K4).

TERBARU
View All News
© 2018 Sukodono,