Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa oleh Pemerintah Kecamatan Sukodono

Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa oleh Pemerintah Kecamatan Sukodono

By Admin - Sabtu, 15 September 2018 / 08:18:23 In News

SUKODONO – Jum’at (14/09/2018), Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan. Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing. Rapat koordinasi terkait dengan PPID yang digagas oleh Pemerintah Kecamatan Sukodono ini dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa di Wilayah Kerja Kecamatan Sukodono melalui peningkatan produktivitas yang tertumpu pada pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Kami berharap kepada Tim Pengelola Inovasi Desa, maupun pendamping desa dapat memberikan inovasi-inovasi pembangunan di desa, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi informasi,” ujar Abdul Majid, S.Sos. (Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukodono) disela-sela Rapat Koordinasi TPID Kecamatan Sukodono, Jum’at, 14 September 2018 kemarin.

Tujuan dari Progran Inovasi Desa (PID) antara lain adalah: 1) Meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana, dan partisipatif; 2) Meningkatkan kapasitas Pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan desa secara lebih inovatif dan berkualitas; 3) Memfasilitasi peningkatan kapasitas desa-desa melalui Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa berdasarkan kebutuhan desa dalam mewujudkan replikasi kegiatan inovasi desa; dan 4) Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD). PID merupakan program yang dipetik dari hasil karya desa-desa yang didayagunakan sebagai pengetahuan secara meluas. ada semacam pertukaran informasi yang cocok dipraktekkan di masing-masing desa. Pada prinsipnya tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana yang peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Dikatakan Abdul Majid, dalam pelaksanaan PID khususnya dalam pengelolaan pengetahuan PPID harus memenuhi prinsip-prinsip dasar pelaksanaan PPID, yaitu: partisipatif, transparansi dan akuntabilitas, kolaboratif, keberlanjutan, serta keadilan dan kesetaraan gender.

Pada kesempatan itu, Abdul Majid mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tenaga ahli dan pendamping desa atas kesediaannya dalam memberikan pendampingan yang sebelumnya banyak desa yang belum tahu mengenai PID, tapi kini sudah tidak ada lagi.

Untuk meningkatkan kemakmuran desa, maka pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Seluruh elemen terutama unsur pemerintahan mulai tingkat desa hingga kabupaten, harus mampu memadukan dan memserasikan program-program yang ada demi kepentingan masyarakat. 

Peningkatan kapasitas desa, tentunya pencapaian target RPJM dalam peningkatan produktivitas pedesaan dengan tertumpu pada pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan.

TERBARU
View All News
© 2018 Sukodono,